Inilah 9 Daftar Fintech Legal OJK 2022, Recommended Jadi Pilihan Solusi Keuangan Anda

Daftar Fintech Legal OJK 2022

Apa itu fintech? Fintech termasuk suatu kependekan dari istilah  Financial Technology. Fintech adalah sebuah inovasi di bidang teknologi keuangan yang dihadirkan dengan tujuan untuk membantu dalam pemaksimalan teknologi keuangan agar dapat mempermudah, mempertajam, dan mempercepat beragam aspek pelayanan keuangan kepada masyarakat secara luas. 

Di Indonesia fintech ini berjalan di bawah naungan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Fintech OJK atau yang berjalan di bawah koridor Otoritas Jasa Keuangan diartikan bahwa produk layanan yang diberikan sangatlah legal. Berikut daftar  fintech legal OJK 2021 yang sangat layak menjadi solusi keuangan Anda!

Daftar Fintech Legal OJK 2022 di Indonesia

Payfazz

Payfazz Daftar Fintech Legal OJK 2022

Payfazz merupakan layanan keuangan dan PPOB nusantara yang berbasis keagenan. Payfazz dikeluarkan PT Payfazz Teknologi Nusantara yang diciptakan pertama kalinya dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dan agen dalam melakukan beragam kegiatan pembayaran baik secara online atau digital payment. 

Layanan yang diberikan oleh Payfazz pun beragam mulai dari membantu melakukan kegiatan jual beli data, pulsa dan pascabayar, pembayaran internet dan TV, pembayaran beragam tagihan PDAM, PLN, Telkom, Multifinance, voucher game dan masih banyak lagi. Tentu fintech Indonesia legal ini akan selalu memberikan layanan terbaik setiap waktu kepada pengguna dan jaringan keagenannya. 

Investree dan Investree syariah

Investree Daftar Fintech Legal OJK 2022
Investree didirikan pertama kalinya pada bulan Oktober 2015 oleh PT Investree Radhika Jaya dan merupakan sebuah perusahaan rintisan teknologi financial yang bergerak di bidang peer to peer lending. Investree memiliki jaringan layanan keuangan konvensional dan syariah sekaligus. 

Untuk produk fintech syariah dari Investree memberikan layanan pembiayaan dalam membantu UMKM di Indonesia melalui metode yang diberi nama invoice finaning, buyer financing dan juga metode working capital term loan yang diharapkan dapat menunjang dan membantu peningkatan ekonomi UMKM di Indonesia jauh lebih baik ke depannya. 

Bibit

Bibit Daftar Fintech Legal OJK 2022

Jika Anda tertarik untuk mulai menjalankan investasi reksadana untuk kepentingan keuangan jangka panjang Anda, memanfaatkan Bibit sebagai pilihan fintech investasi andalan sangat dianjurkan. Aplikasi investasi yang diterbitkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama ini bisa digunakan siapa pun untuk melangkah dalam belajar menginvestasikan modalnya yang sangat minim bahkan mulai 10 ribu rupiah. 

Anda tentunya akan menemukan instrumen investasi reksadana yang beragam seperti investasi reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana pasar uang sampai dengan reksadana syariah yang cocok digunakan atau menjadi pilihan investasi berbasis syariah. 

Bibit menyediakan berbagai macam pilihan investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Juga tersedia fitur fintech yang dikenal sebagai Robo Advisor dimana fitur ini mampu memberikan rekomendasi dari pola investasi berdasarkan level resiko, penghasilan serta sekaligus berkaitan dengan tujuan investasi jangka panjang. 

IPOT

IPOT Daftar Fintech Legal OJK 2022

Jika sudah mulai memiliki dana lebih, Anda bisa mencoba indo fintech untuk memudahkan transaksi investasi saham secara online yaitu IPOT. IPOT merupakan kepemilikan dari PT Indo Premier Sekuritas yang pastinya menjadi sebuah layanan investasi legal dibawah naungan OJK. 

Di dalamnya terdapat sebuah fitur robot trading yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan segala macam instruksi pembelian dan atau pun transaksi penjualan saham dengan harga terbaik sesuai rencana pengguna. IPOT juga menjadi solusi terbaik atas investasi jangka panjang yang bisa dimanfaatkan. 

Kini memang di Indonesia sudah semakin banyak aplikasi investasi namun tidak semua terdaftar di OJK, terlebih untuk investasi trading. Salah satunya ada fintech fx yang merupakan aplikasi investasi yang tidak dianjurkan digunakan karena bersifat illegal dan sistemnya menggunakan skema Ponzi yang tentu berpotensi merugikan pengguna. 

Bagi Anda yang belum paham, skema Ponzi merupakan skema dalam dunia MLM yang mengacu pada prinsip penggandaan penjualan langsung dalam model sirkulasi statis atau memanfaatkan dana member to member dengan kegiatan transaksi yang dilakukan sangatlah tersembunyi. Investasi pada suatu layanan dengan skema seperti ini harus berhati – hati karena merupakan fintech illegal yang sangat tidak dianjurkan di Indonesia. 

BCAS Best Mobile

BCAS Daftar Fintech Legal OJK 2022

Masih ada aplikasi investasi lain yang pastinya legal yang juga cocok dimanfaatkan. Melalui BCAS Best Mobile, Anda bisa melakukan transaksi Bursa Efek Indonesia dengan fitur quick order yang sangat user friendly. 

Aplikasi ini dikeluarkan oleh bank swasta resmi yaitu BCA Sekuritas. Namun bagi pengguna BCA Sekuritas, deposit awal yang harus dimiliki untuk mulai investasi cukup tinggi yaitu mulai dari 3 juta rupiah. 

Dana Bijak

Dana Bijak Daftar Fintech Legal OJK 2022

Tak hanya hadir dalam model aplikasi investasi dan pembayaran yang memudahkan pengguna, fintech Indonesia juga hadir dalam model aplikasi pinjaman online yang memudahkan pengguna meminjam uang tanpa perlu agunan dan tanpa repot ke bank dengan sistem pencairan dana yang sangat mudah dan cepat. 

Memanfaatkan pinjaman secara online ini, Anda bisa mengajukan dana pinjaman sampai 3 juta rupiah dan memanfaatkan pengembalian tenor dalam kurun waktu 30 hari. Mengenai nominal pinjaman, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan Anda pun bisa mengajukan berbagai macam pinjaman di mana saja dan pastinya kapan saja. 

Nantinya setelah pinjaman yang diajukan disetujui, maka pinjaman akan ditransfer ke bank secara langsung. Namun untuk mendapatkan persetujuan pinjaman, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu berusia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan minimal 1,6 juta rupiah per bulan. 

Cicil

Cicil Daftar Fintech Legal OJK 2022
Jika Dana Bijak bisa digunakan oleh masyarakat umum, maka Cicil merupakan aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan peminjaman bagi mahasiswa untuk keperluan sekolah atau kuliah. Mahasiswa bisa meminjam dana untuk keperluan membeli buku, bayar UKT, dan sebagainya. 

Persyaratan yang diberikan tidak terlalu banyak sebenarnya, mengingat mahasiswa juga merupakan pengguna aplikasi yang belum mapan. Hanya saja tetap tidak semua mahasiswa yang akan diberikan dana pinjaman melainkan hanya mahasiswa yang memenuhi syarat saja. Adapun persyaratannya apa saja bisa Anda ketahui setelah mendownload aplikasi ini. 

Indodana

Indodana Daftar Fintech Legal OJK 2022
Indodana menjadi sebuah perusahaan digital yang memberikan layanan pinjaman sejak tahun 2017 dan sudah resmi mendapatkan izin dari OJK setahun setelahnya yaitu di tahun 2018. Fasilitas pinjaman yang bisa dipastikan aman dan terpercaya tentu diberikan oleh Indodana. 

Proses pengajuan pinjaman melalui Indodana sangatlah mudah karena bisa dilakukan tanpa terlalu banyak persyaratan melalui aplikasi mobile. Dana pinjaman yang sangat beragam yaitu mulai dari 500 ribu sampai dengan kisaran 8 juta rupiah diberikan dengan tenor waktu mulai dari 1 bulan sampai dengan 6 bulan. 

Anda bisa memilih dana pinjaman berapa pun dan dengan tenor sesuai kemampuan Anda dan pihak Indodana akan melakukan analisa. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, dana pinjaman akan langsung masuk ke rekening yang Anda daftarkan.

AsetKu

Asetku Daftar Fintech Legal OJK 2022

AsetKu adalah sebuah fintech dengan konsep layanan P2P lending yang berada di bawah naungan PT Akulaku Finance. Jadi AsetKu merupakan fintech P2P lending yang tata laksananya satu atap dengan Akulaku. 

Anda bisa mendaftar sebagai pemberi pinjaman atau peminjam dana. Untuk meminjam dana, pinjaman yang bisa didapatkan dari AsetKu mulai dari 500  ribu rupiah sampai dengan 3 juta rupiah dengan tenor maksimal 30 hari. 

Itulah daftar fintech legal OJK 2021 yang sangat recommended menjadi pilihan fintech jangka panjang Anda. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan koridor manfaat dan tujuan masing – masing, pastikan jangan sampai salah pilih!